Apa itu digital marketing dan contohnya

Pemasaran digital dapat disebut sebagai metode mempromosikan suatu produk atau jasa dengan menggunakan media digital (elektronik). Saat ini aktivitas digital marketing tidak sebatas beriklan di TV atau radio, tetapi sudah merambah internet.




Ya, sekarang internet tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi, tapi juga promosi. Cakupannya yang lebih luas membuat model pemasaran semacam ini semakin dilirik oleh para pelaku bisnis dari berbagai kalangan.


Nah, berikut ini beberapa contoh model pemasaran yang tergolong digital marketing:


  • Iklan TV dan radio
  • Iklan online (Facebook Ads, Google Adwords, dll.)
  • Videotron
  • Email Pemasaran
  • Surat penjualan
  • Pemasaran seluler
  • Pengesahan online, dll


Manfaat Pemasaran Digital?

Saat ini iklan konvensional sudah tidak efektif lagi dalam mencapai target penjualan. Untuk itu diperlukan teknik digital marketing dengan tujuan sebagai berikut:


Meningkatkan penjualan dan keuntungan


  • Menghemat uang, waktu, dan tenaga yang seharusnya dihabiskan untuk promosi tradisional
  • Menangkap pasar dan konsumen dengan jangkauan yang lebih luas
  • Menjadi penghubung antara penjual dan pelanggan dengan lebih mudah
  • Tingkatkan Pengembalian Investasi
  • Meningkatkan daya saing bisnis


Bagaimana Memulai Pemasaran Digital?

Meski terkait dengan kecanggihan teknologi, digital marketing tidak sesulit yang Anda bayangkan. Unsur pertama yang harus dimiliki saat melakukan teknik promosi jenis ini adalah aset. Dalam pemasaran digital, aset dapat berupa:


  • Situs web
  • Blog
  • Akun media sosial
  • Profil Perusahaan
  • Testimoni pelanggan (online)


Selanjutnya, tugas Anda adalah memoles aset tersebut agar lebih menarik dan membangkitkan minat beli di antara calon pelanggan. Misalnya, Anda menggunakan Instagram sebagai media promosi, lalu memposting foto produk dengan caption menarik yang memicu suatu tindakan.


Jangan lupa untuk berinteraksi secara aktif dengan konsumen. Hal ini merupakan salah satu strategi untuk membangun citra positif usaha/perusahaan di mata masyarakat. Salah satu efektivitas pemasaran digital dapat dilihat dari angka penjualan yang tinggi.

LihatTutupKomentar