Cara Menggunakan Gmail Dengan Domain Khusus Anda (Gratis)

Setelah membeli nama domain untuk bisnis atau organisasi, salah satu hal pertama yang dilakukan kebanyakan orang selanjutnya adalah menyiapkan email domain khusus.




Mengirim email dari alamat yang menyertakan nama domain Anda membuat Anda terlihat jauh lebih kredibel dan profesional daripada mengirim email kepada orang-orang dari namaAnda@gmail.com.


Bagi orang-orang seperti saya yang menyukai antarmuka Gmail yang familier dan ingin menggunakannya dengan alamat email domain khusus mereka, ada 2 opsi utama yang perlu dipertimbangkan:


Opsi 1: Aktifkan Gmail Untuk Bekerja Dengan Alamat Email Domain Khusus Anda


Opsi ini memungkinkan Anda untuk menikmati semua fitur hebat yang disertakan dengan akun Gmail biasa saat mengirim email dari alamat email domain khusus Anda secara gratis.


Sebelum Anda dapat melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki hosting email dari penyedia yang memungkinkan penerusan email (Anda mungkin sudah memilikinya, cukup periksa dengan pendaftar domain dan host web Anda).


Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan mendaftar dengan Gmail, meneruskan email ke akun itu, dan mengaktifkan Gmail untuk mengirim sebagai alamat email domain khusus Anda.


Anda kemudian dapat segera mulai menggunakan alamat email profesional baru untuk startup, blog, situs web bisnis, atau nirlaba Anda. Tanpa ragu, ini adalah pilihan terbaik Anda untuk menyiapkan alamat email domain khusus secara gratis. Proses ini mungkin terdengar rumit, tetapi sebenarnya tidak, dan saya akan memandu Anda melaluinya di bawah, langkah demi langkah.


Bagaimana jika Anda tidak memiliki paket hosting email? Dalam hal ini, Anda dapat beralih ke opsi 2 di bawah, yang akan dikenakan biaya beberapa dolar setiap bulan untuk hosting email, atau Anda dapat mentransfer domain Anda ke penyedia hosting web yang menawarkan hosting email gratis dan memungkinkan Anda meneruskan email.


Saya pribadi lebih suka menggunakan Bluehost karena murah dan sangat mudah untuk mentransfer domain Anda ke mereka dari penyedia lain. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat melanjutkan untuk menyiapkan domain khusus Anda dengan Gmail seperti yang dijelaskan di bawah ini.


Opsi 2: Mendaftar ke Google Workspace (Sebelumnya G Suite)

Meskipun opsi pertama akan menghemat uang Anda, saya sarankan hanya mendaftar ke Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai G Suite). Ini jauh lebih sederhana dan lebih dapat diandalkan daripada opsi 1.


Selain alamat email khusus dengan Gmail yang cocok dengan nama domain situs web Anda, Anda akan memiliki banyak fitur tambahan yang memudahkan untuk berkolaborasi, menyimpan dokumen, berbagi file, dan bahkan menambah atau menghapus akun pengguna untuk orang lain di tim Anda yang menggunakan nama domain. Anda di alamat email mereka:


Misalnya, saya memiliki beberapa email @thedigitalnonprofit.com yang dapat saya gunakan tergantung pada situasinya, seperti info@tdn.com, jason@tdn.com, dll.


Dan ketika saya menyewa kontraktor, dibutuhkan 2 detik untuk mengirim email kepada mereka name@tdn.com sehingga kami memberikan merek yang konsisten.


Selama kontrak, saya dapat membuat file & acara dapat dibagikan dengan semua karyawan TDN untuk kolaborasi yang mudah

Akhirnya, ketika kontrak berakhir, saya dapat membekukan akun mereka dengan 1 klik sehingga info bisnis saya aman!

Semua manfaat itu dimungkinkan karena saya memiliki Google Workspace.


Mereka sebenarnya menawarkan uji coba gratis 14 hari sehingga Anda lebih memahami bagaimana rasanya menggunakan semua fitur mereka. Selain itu, mereka memberikan kode promo yang membantu menghemat 10% untuk tahun pertama.


Promosi ini hanya tersedia untuk paket Business Starter dan Business Standard. Ada beberapa perbedaan antara 2 rencana ini; paket standar dilengkapi dengan lebih banyak ruang penyimpanan (2 TB dibandingkan dengan 30 GB) dan memungkinkan Anda merekam rapat video.


Tetapi secara umum, paket standar hanya bernilai uang ekstra jika Anda memiliki banyak file yang perlu Anda simpan atau jika Anda bekerja sebagai bagian dari tim yang melakukan banyak pekerjaan kolaboratif dari jarak jauh, jika tidak, saya akan menggunakan paket dasar.

LihatTutupKomentar