Cara Menggunakan Gmail Dengan Nama Domain Sendiri

Ingin menggunakan Gmail dengan nama domain Anda sendiri? Gmail sangat nyaman dalam banyak hal, tetapi tidak terlihat sangat profesional untuk menggunakan alamat @gmail.com untuk aplikasi yang serius.




Secara khusus, saya akan menunjukkan dua cara untuk menggunakan Gmail dengan nama domain kustom Anda sendiri:


Metode gratis – selama Anda sudah memiliki hosting email (mis. dari host web Anda), Anda dapat menghubungkan Gmail ke nama domain Anda sendiri secara gratis menggunakan kredensial SMTP/POP3 Anda (jangan khawatir jika Anda tidak tahu artinya ).


Metode Google Workspace / G Suite – jika Anda bersedia membayar, Anda dapat menggunakan Google Workspace (sebelumnya G Suite) untuk memiliki akun Gmail khusus untuk nama domain kustom Anda sendiri (termasuk barang lain seperti penyimpanan Drive khusus, Dokumen/Spreadsheet terpisah , dan lainnya).


 Langsung ke tutorial untuk metode ini.


Cara menggunakan Gmail dengan nama domain kustom Anda sendiri secara gratis


Dalam metode pertama ini, saya akan menunjukkan cara mengatur Gmail dengan email khusus Anda secara gratis.


Dengan metode ini, Anda dapat menautkan nama domain khusus Anda ke akun Gmail gratis biasa (misalnya nama pengguna@gmail.com). Kemudian, Anda akan dapat mengirim/menerima email menggunakan domain khusus dari akun Gmail biasa Anda.


Saat menulis pesan baru, Anda dapat memilih antara alamat @gmail.com gratis dan domain gmail khusus Anda. Jika Anda menerima email di domain khusus Anda, Gmail akan secara otomatis merespons menggunakan email tersebut:


Cara menggunakan Gmail dengan nama domain kustom Anda sendiri


Beberapa catatan penting tentang metode ini

Meskipun bagian Gmail dari metode ini 100% gratis, ada beberapa peringatan untuk metode ini karena Anda harus sudah memiliki hosting email agar dapat berfungsi. Biasanya, Anda akan mendapatkan ini melalui host web Anda jika Anda memiliki situs web.


Misalnya, jika Anda meng-host situs web Anda dengan Bluehost, Bluehost juga membantu Anda membuat alamat email khusus Anda sendiri sebagai bagian dari layanannya (ini adalah bagian hosting email).


Jika Anda tidak memiliki domain, berikut adalah alat cepat yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apakah nama domain yang Anda minati tersedia:


Setelah Anda mengatur alamat email Anda dengan Bluehost, metode dalam tutorial ini akan memungkinkan Anda menggunakan Gmail untuk mengirim/menerima email tersebut tanpa biaya tambahan. Sayangnya, sudah memiliki email hosting adalah persyaratan dasar untuk metode gratis.


Untuk membuat situs web Anda dan menyiapkan akun email khusus untuk digunakan dengan Gmail, kami merekomendasikan Bluehost. Paket mulai dari hanya $2,75 per bulan dan termasuk hosting situs web Anda, hosting akun email Anda, ditambah nama domain gratis.


Jika Anda tidak memerlukan situs web, opsi lain adalah membeli hosting email melalui pendaftar domain. Misalnya, jika Anda mendaftarkan domain melalui Namecheap , Namecheap menjual layanan hosting email murah mulai dari $0,79 per bulan.


Untuk sisa tutorial ini, kami akan menggunakan Bluehost untuk contoh tangkapan layar kami. Namun, prinsip dasar yang sama akan berlaku untuk semua host – antarmuka hanya akan sedikit berbeda.

LihatTutupKomentar