Jenis-jenis Pemasaran Online untuk Merintis Usaha

Pemasaran online atau online adalah salah satu langkah yang banyak dilakukan para pebisnis saat ini. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan kebiasaan masyarakat yang cenderung memanfaatkan hal-hal yang efektif dan sederhana, pemasaran online sangat menguntungkan.




Jenis Pemasaran Online untuk Bisnis


Ada jenis pemasaran online yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda, yaitu:


1. Pemasaran Media Sosial

Penggunaan media sosial menjadi salah satu alternatif untuk memasarkan suatu produk. Dengan metode ini, pelaku usaha dapat mengunggah buku katalog atau deskripsi singkat produk yang akan dipasarkan. Umumnya media sosial yang sering digunakan untuk promosi ini adalah Instagram, Facebook, Twitter, Path, dan aplikasi lainnya.


2. Reseller atau Dropshipper

Reseller atau dropshipper merupakan pekerjaan sampingan bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, dengan adanya reseller, produk bisnis yang dihasilkan telah tersebar luas di kalangan masyarakat. Dengan begitu, metode pemasaran ini cocok untuk bisnis yang masih berada di level bawah hingga bisnis level atas.


Prinsip kerja dari metode ini adalah seorang reseller akan mempromosikan suatu produk bisnis kepada konsumen atau calon pelanggan. Target pasar dapat diperoleh melalui relasi dari reseller. Semakin banyak reseller, semakin banyak konsumen dan pelanggan potensial, yang menghasilkan peningkatan keuntungan bisnis.


3. Pemasaran Email

Dari sekian banyak metode, email merupakan salah satu bagian dari jenis pemasaran online yang dapat diakses secara online. Pelaku usaha dapat melakukan pemasaran dengan mengirimkan pesan ke email konsumen. 


4. Pemasaran Influencer

Media sosial saja tidak cukup, ketika seseorang berencana untuk melakukan pemasaran online dan akan menggunakan media sosial. Jumlah pengikut di media sosial juga sangat berpengaruh.


Oleh karena itu, sebagian besar pengusaha merekrut influencer yang cukup didefinisikan sebagai seseorang yang mampu membuat perbedaan bagi orang lain. Hal ini digunakan untuk menarik perhatian dan minat konsumen. Cara ini bisa dilakukan melalui media sosial dan iklan di website, YouTube, dan iklan di televisi.


5. Iklan Google

Google adwords atau iklan google adalah bagian dari jenis pemasaran online yang efektif, dengan menempatkan iklan di mesin pencari google. Dengan metode ini, profil produk bisnis diatur sedemikian rupa sehingga menempati urutan pertama di mesin pencari Google.


Manfaat menggunakan google ads adalah kemudahan penargetan iklan berdasarkan kata kunci, lokasi iklan, usia, bahasa, hari, waktu, dan perangkat. Manfaat lebih lanjut adalah penyediaan pengendalian biaya, penilaian keberhasilan bisnis yang lebih mudah, dan pengelolaan kampanye bisnis yang lebih efektif.


6. Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu jenis pemasaran online yang dilakukan dengan mengoptimalkan situs web untuk perusahaan atau bisnis. Website merupakan salah satu media untuk memasarkan produk.


Tentunya website membutuhkan konten yang menjelaskan deskripsi produk secara umum dan detail. Dengan SEO, Anda akan mendapatkan hasil pencarian nomor satu untuk konten website sehingga akan lebih mudah dikunjungi konsumen.


7. Pemasaran Mesin Pencari (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) juga memiliki prinsip yang sama dengan SEO. Dalam metode ini, visibilitas situs web meningkat di halaman pencarian Google.

Deskripsi tersebut merupakan rangkuman jenis-jenis pemasaran online yang dapat dilakukan baik di rumah maupun di tempat kerja.

LihatTutupKomentar