Jenis Strategi Digital Marketing Yang perlu Anda pelajari

Pekerjaan menyusun strategi digital marketing memang terlihat mudah dilakukan oleh siapa saja. Hal ini dikarenakan cara-cara dasar pemasaran digital saat ini cukup dikenal di masyarakat yang menjadi sasaran pemasaran langsung.




Tidak menutup kemungkinan juga pada umumnya sebagian orang telah berhasil menjadi konsumen yang didapat melalui digital marketing. Anda pun bisa menjadi salah satunya dan juga ingin mencoba memanfaatkan digital marketing untuk bisnis yang sedang Anda kembangkan.


Tapi itu tidak cukup, Anda juga harus mempelajari secara spesifik setiap strategi yang Anda dapatkan.


1. Adakan Giveaway

Strategi pertama untuk memasarkan produk bisnis Anda secara online adalah dengan mengadakan giveaway. Giveaway merupakan acara khusus yang banyak dilakukan toko online untuk menambah jumlah followers dan menyadarkan followers akan keberadaan produk yang mereka jual. Sebaiknya kamu juga mencoba melakukan giveaway ini, namun pastikan untuk melakukan giveaway dengan syarat yang membuat followers tertarik dengan produk yang kamu jual!


2. Buat Konten Pemasaran Video

Padahal selain berbagai hal tersebut, masih ada konten pemasaran lain berupa video yang mungkin lebih mudah untuk menjelaskan produk secara spesifik. Meski membutuhkan proses persiapan yang lebih rumit, namun hasilnya tidak akan mengecewakan.


3. Fokus Membuat SEO Optimal

Strategi pemasaran digital yang paling diremehkan adalah SEO yang optimal. Sebagian besar masih belum menyadari bahwa SEO memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan trafik digital. Karena itu, bisnis Anda tidak boleh mengikuti strategi yang salah. Anda tetap harus memastikan SEO sudah optimal, jika perlu gunakan tenaga berpengalaman untuk mengoptimalkan SEO bisnis Anda.


4. Manfaatkan Humas (Humas)

Jangan lupa juga manfaatkan departemen humas untuk memberikan pelayanan terbaik dalam digital marketing. Karena digital marketing berinteraksi dengan calon pelanggan secara tidak langsung, bukan berarti humas bisa bertindak tidak tepat. Setiap pertanyaan harus dijawab secara responsif, begitu juga dengan keluhan dan pujian. Interaksi dengan konsumen atau calon pelanggan akan sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda.


5. Gunakan Pemasaran Email

Jika Anda memiliki daftar email pembeli di toko Anda sebelumnya, maka penting untuk menggunakan email tersebut sebagai alat pemasaran. Kirimkan katalog produk terbaru dan pasarkan produk yang diminati konsumen berdasarkan histori belanjanya. Tentunya cara ini sangat efektif untuk membuat pembeli setia dan kembali membeli produk bisnis yang Anda jual.


6. Berkolaborasi

Satu lagi jenis strategi untuk melakukan digital marketing yang efektif namun belum banyak dilakukan. Hal ini dilakukan dengan melakukan kolaborasi antar merek. Bersama-sama, bisnis Anda dan merek lain yang berkolaborasi dapat menargetkan konsumen setia kedua merek tersebut. Hasilnya tidak akan mengecewakan, mengingat followers yang sebelumnya hanya mengikuti satu brand bisa berubah menjadi mengikuti keduanya.


7. Gunakan Media Sosial sebagai Tempat Pemasaran

Jangan lupa juga untuk membuat akun media sosial untuk bisnis Anda. Semua metode dan strategi pemasaran digital yang dapat Anda lakukan harus menggunakan media sosial sebagai alat. Jadi pastikan untuk membuat akun bisnis yang menarik dan sesuai dengan target konsumen yang Anda tuju. Misalnya dalam hal cara jualan kaos online, pastikan untuk membuat akun media sosial di Instagram agar mudah untuk mengunggah foto produk kaos yang dijual.

LihatTutupKomentar